Top Menu

Apa itu Icon?

Icon? Apa itu Icon? Untuk teman-teman pemula di dunia Design mungkin ada yang baru mendengarnya, atau mungkin sudah ada yang tidak asing lagi mendengar kata "Icon".

Font Banner - Free Fonts

Menurut Wikipedia Icon atau Ikon, juga disebut simbol, ialah antarmuka grafik di sebuah data yang digambarkan oleh gambar kecil yang menggambarkan program komputer ataupun berkas komputer dalam pengelola berkas sebuah sistem operasi. Dibuat melalui manipulasi langsung atas simbol, sering ditunjuk melalui cursor mouse, sehingga pengguna dapat menjalankan fungsinya dengan menggerakkan cursor mouse tersebut untuk melihat informasi atau menghapus berkas itu.

Dari pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa icon/ikon merupakan simbol yang digunakan untuk berkomunikasi. Komunikasi disini dapat berupa penjelasan, petunjuk, anjuran dan larangan.

Apa saja fungsi Icon?

  1. User Interface (UI)

    User Interface (UI) atau sering disebut dengan tampilan antar muka, UI dapat ditemukan diberbagai media, salah satunya pada Smartphone yang sering kita genggam setiap harinya, kemudian pada Website yang sering kita akses dan masih banyak lagi.
    Icon yang digunakan pada User Interface terdiri dari 2 fungsi, yaitu untuk interaksi dan untuk status. Untuk interaksi dapat berupa tombol (button) dapat disentuh atau ditekan, sedangkan status berfungsi sebagai penanda akan suatu informasi tertentu, misalnya status indikator untuk baterai, status indikator untuk signal dan lain sebagainya.



  2. Presentation

    Fungsi icon pada sebuah presentasi terbukti lebih efektif dan efesien, serta dapat memberi kesan menarik karena tampilan tidak kaku karena data yang disajikan tidak selalu berupa text yang sebagian besar orang malas untuk membacanya. Icon dapat menjadi alternatif untuk mempercantik tampilan presentasi anda, tentunya tidak lepas dari fungsi sebagai suatu informasi dan memperjelas pesan atau data yang disajikan.



  3. Print

    Selain digunakan pada media digital, icon juga dapat digunakan pada media cetak yang sering ditemukan pada Packaging. Biasanya icon-icon ini bertujuan untuk menjelaskan suatu prosedur pemakaian, status dan lain sebagainya.



  4. Environment

    Salah satu fungsi icon lain adalah untuk kebutuhan Environment, icon-icon ini bisa anda temui di Bandara, Stasiun, Terminal, Hotel bahkan dijalanan. Icon-icon ini dapat berfungsi sebagai penunjuk arah maupun penjelas fungsi ruangan yang ada, atau anda dapat menjumpainya dijalanan yang digunakan sebagai rambu-rambu lalu lintas.


    source : unsplash.com

  5. Infographic

    Infografis adalah sebuah paket informasi lengkap dari suatu kasus yang disajikan dalam sebuah halaman besar. Infografis sangat membantu kita dalam membaca dan memahami banyaknya data yang disajikan didalamnya maka tidak jarang didalam infografis sering ditemui icon-icon guna untuk memudahkan pembaca dalam memahami data yang ada didalamnya.


    source : pexels.com

Apa saja jenis-jenis icon?

Jenis-jenis icon terbagi menjadi 3, yaitu Pictogram, Ideogram dan Arbitrary yang masing-masing mempunyai sifat yang berbeda.

  1. Pictogram

    Icon ini terinspirasi dari objek benda nyata, icon ini dapat dengan mudah kita temukan dikehidupan sehari-hari. Contoh icon gedung untuk hotel dan lain sebagainya.

  2. Ideogram

    Untuk icon ideogram ini terbentuk dari olah pikir, konsep dan ide manusia, bersifat abstrak dikarenakan tidak ada bentuk pada kenyataannya. Karena banyak yang bentuknya generik dalam artian berhubungan dengan sifat atau maksud yang akan disampaikan melalui icon tersebut, maka kita mudah memahaminya secara langsung saat kita melihatnya. Contoh simbol silang untuk close/delete/no, simbol hati untuk like/love/favorite dan lain sebagainya.

  3. Arbitrary

    Jenis icon yang terakhir adalah arbitrary, icon ini agak sulit dipahami, harus dipelajari ulang dan membutuhkan panduan khusus karena bentuk icon ini bisa jadi bukan berupa benda nyata maupun dari sebuah konsep nyata.

Apa saja Style Icon itu?

Ketika kita membicarakan icon maka tak luput pada style atau gaya yang seorang Icon Designer pilih dengan memikirkan kebutuhan dan jenis media yang akan digunakan, tentu gaya apa saja juga dapat masuk atau cocok digunakan diberbagai media. Hanya saja jika gaya dan penggunaannya tepat maka Icon tersebut bisa terlihat lebih sempurna.

Berikut adalah beberapa style icon :

  1. Outline
    Icon ini bisa dibilang sederhana, karena icon dengan style ini cukup mudah untuk dibuat.

  2. Solid

    Icon dengan gaya solid adalah icon yang mempunyai isi didalamnya, terlihat solid dan kuat. Sering digunakan untuk suatu fungsi yang sedang aktif, seperti Like pada Instagram.

  3. Filled Line

    Untuk style Filled line sudah terdapat warna selain hitam, namun masih tetap mempertahankan Outlinenya.

  4. Flat

    Flat style adalah salah satu style icon yang paling sering dicari, karena perpaduan warna yang tidak membuat icon tersebut terlihat monotoon. Diperlukan konsistensi pada pemilihan warnanya agar kohesif.

  5. 3D

    Icon ini mempunyai kerumitan tersendiri dalam proses pembuatannya, tidak seperti style icon lainnya, untuk membuat icon dengan style 3D bisa membutuhkan aplikasi 3D, walaupun tidak menutup kemungkinan aplikasi 2D juga dapat digunakan untuk membuat icon dengan style ini.

  6. Custom

    Masih banyak style-style icon yang bisa anda ciptakan sendiri, termasuk memadukan style yang sudah ada dengan menambahkan sedikit efek yang bertujuan untuk memperindah icon. Ini sering ditemukan pada tema-tema Smartphone atau launcher, anda dapat menemukan berbagai icon dengan gaya yang bermacam-macam.

    source : https://dribbble.com/Nico_qc

Demikian sedikit tentang icon/ikon, semoga bermanfaat untuk teman-teman yang baru mulai belajar di Dunia Desain. Jika suka dengan artikel ini silahkan klik Suka, dan jika merasa artikel ini bermanfaat silahkan share post ini sebanyak-banyaknya.

Terimakasih.

Posting Komentar

Copyright © Aphriell Art. Designed by ODDThemes Aphriell Art