Top Menu

Apa itu UI/UX?

 


Apa itu UI/UX?

UI dan UX adalah dua bagian yang berbeda, namun saling berhubungan dan melengkapi satu sama lain. Karena UI dan UX adalah dua hal yang berbeda, maka kita mulai dari UI, apa itu UI?

Font Banner - Free Fonts

UI

User Interface (UI) atau dalam bahasa Indonesia artinya Antarmuka Pengguna merupakan bentuk tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna (user). Antarmuka pengguna berfungsi untuk menghubungkan antara pengguna dengan sistem operasi, sehingga komputer tersebut bisa digunakan.

User Interface Manual
    source : unsplash.com

Pada dasarnya, User Interface tidak hanya membicarakan tampilan grafis saja, melainkan kontrol manual yang dapat disentuh berupa tombol nyata maupun indikator lainnya seperti pada gambar diatas.

Namun karena perkembangan teknologi yang begitu pesat, terutama pada Smartphone dan komputer, tidak sedikit Desainer yang mengganggap bahwa UI desainer sebagian besar hanya dalam ruang lingkup Aplikasi Mobile ataupun Desktop.

User Interface adalah tempat dimana terjadinya interaksi antara manusia dengan mesin. Tujuan dari interaksi ini adalah pengoperasian dan kontrol mesin yang efektif dan umpan balik dari mesin yang membantu operator dalam membuat keputusan operasional, atau bisa juga pengoperasian sebuah aplikasi mobile atau desktop agar dapat digunakan dengan efektif sesuai kegunaan aplikasi tersebut.

Antarmuka pengguna hadir untuk berbagai sistem, dan menyediakan cara untuk :
  • Input, memungkinkan pengguna untuk memanipulasi sebuah sistem atau memasukkan data yang dibutuhkan.
  • Output, memungkinkan sistem untuk menunjukkan efek dari manipulasi tersebut.
User Interface
    source : unsplash.com

Untuk User Interface Aplikasi Mobile atau Desktop dapat berupa bentuk, illustrasi, icon, warna dan tulisan yang disusun, dirancang dan didesain semenarik mungkin. Sederhananya adalah seorang UI Designer akan menghasilkan sebuah tampilan, layout sebuah aplikasi yang akan dibuat.

Prototyping
    source : unsplash.com

UX

User Experience (UX) atau dalam bahasa Indonesia yang artinya Pengalaman Pengguna, merupakan proses mendesain suatu produk melalui pendekatan pengguna. Dengan pendekatan ini, Anda jadi bisa menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengguna.

Produk dengan desain UX yang baik akan menciptakan pengalaman yang menyenangkan bagi pengguna saat menggunakan produk yang anda ciptakan. Pengguna jadi mudah dan nyaman saat menggunakan produk anda.

    source : unsplash.com

Komponen-komponen yang terdapat pada UX meliputi bagaimana fitur-fitur yang disediakan pada produk, struktur desain, navigasi penggunaan produk, aspek visual desain dan seluruh aspek interaksi dengan pengguna. UX juga meliputi bagaimana anda menentukan branding, konten dan copywriting yang sesuai dengan target pengguna Anda.

Kesimpulan

UI dan UX adalah dua hal yang berbeda namun tidak dapat dipisahkan, dua bagian dalam satu kesatuan. UI/UX sangat penting bagi produk digital anda, apa lagi dijaman yang modern ini. Anda perlu memperhatikan tampilan UI dan bagaimana ke efektifan UX dari produk anda untuk menyukseskan tujuan produk anda.

UI design akan menghasilkan tampilan UI yang sangat menawan, responsive dan menarik untuk dilihat, sedangkan UX akan menghasilkan senyuman dari pengguna, rasa puas, nyaman karena produk yang dibuat dapat mudah digunakan.

Referensi :
wikipedia.com
niagahoster.co.id

Posting Komentar

Copyright © Aphriell Art. Designed by ODDThemes Aphriell Art